Modul Ajar Berdiferensiasi
MODUL AJAR
BAHASA INDONESIA
Sekolah : SMP Negeri 3 Ngaglik
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Genap
Alokasi waktu : 2 jp (1 x pertemuan)
Identifikasi | Peserta Didik (Analisis Kebutuhan Belajar) |
Pengetahuan Awal 1. Peserta didik memahami konsep dasar seperti struktur dan isi serta menulis surat pribadi, tetapi masih belum sesuai. (10 peserta didik) 2. Peserta didik sudah pernah melihat dan memahami surat pribadi, tetapi belum pernah menulis surat pribadi. (15 peserta didik) 3. Peserta didik sudah pernah melihat surat pribadi dan belum memahami konsep dasar. (7 peserta didik) | |
Materi Pelajaran | |
Surat Pribadi | |
Dimensi Profil Lulusan | |
| |
Desain Pembelajaran | Capaian Pembelajaran |
- Peserta didik dapat memahami dan menulis surat pribadi serta dihias menggunakan barang bekas (Adiwiyata).
Ketrampilan Menulis Menulis surat pribadi sesuai dengan struktur yang telah ditentukan. | |
Lintas Disiplin Ilmu | |
Pemanfaatan barang bekas (Prakarya).
| |
Tujuan Pembelajaran | |
1. Peserta didik dapat memahami pengertian, ciri dan tujuan menulis surat pribadi 2. Peserta didik dapat memahami struktur surat resmi. 3. Peserta didik menulis surat pribadi. | |
Topik Pembelajaran | |
§ Surat Pribadi | |
Praktik Pedagogik | |
Project Based Learning (PBL) | |
Kemitraan Pembelajaran | |
Masyarakat (sebagai tempat penerapan produk dalam kehidupan sehari-hari) | |
Lingkungan Pembelajaran | |
Lingkungan fisik di kelas dengan alat dan bahan untuk mendukung kreativitas siswa. | |
Pemanfaatan Digital | |
Pemanfaatan Handphone sebagai alat referensi peserta didik dalam menghias surat pribadi | |
Pengalaman Belajar | Langkah – Langkah Pembelajaran |
Awal | |
§ Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. § Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran. § Guru mengecek kehadiran peserta didik. § Guru melakukan apersepsi dan motivasi kepada peserta didik denganbertanya pertanyaan “Pernahkah kamu melihat surat?” “Berapa jenis surat yang kalian ketahui?” Kemudian memperlihatkan contoh surat pribadi. “Bagaimana tanggapan kalian mengenai jenis surat tersebut?” “Kemudian apa saja struktur surat pribadi? § Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | |
Inti | |
Memahami § Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok dengan jumlah anggota 4 orang. § Guru membagikan LKPD pada setiap kelompok. § Guru meminta peserta didik untuk mengamati LKPD 1. § Peserta didik diminta untuk berdiskusi untuk memahami struktur surat pribadi. § Guru berkeliling memberikan bimbingan kepada setiap kelompok. | |
Mengaplikasi (mindful learning) Penyusunan Surat Pribadi § Peserta didik secara individu menulis surat pribadi sesuai topik yag sudah dipilih. (Diferensiasi Konten) Konten Belajar murid Surat pribadi dengan topik · Menjaga silaturahmi · Menyampaikan rasa rindu, kabar, atau ucapan · Memberi motivasi atau dukungan · Membagikan cerita atau pengalaman pribadi
§ Peserta didik menulis surat pribadi ditujukan untuk sahabat. § Peserta didik menulis surat pribadi menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Desain Surat Pribadi § Peserta didik menghias surat pribadi menggunakan barang bekas yang telah mereka siapkan. (Diferensiasi Konten) § Guru memberi arahan dalam menghias surat pribadi. § Guru memberikan bimbingan dalam hal tata bahasa, kerapihan, dan isi, desain, penggunaan warna, dan layout untuk membuat poster yang menarik. | |
Merefleksi § Peserta didik dengan bantuan guru melakukan refleksi (materi mana yang sudah/ belum dikuasai) § Peserta didik memberikan kesan selama pembelajaran yang sudah berlangsung | |
Penutup | |
§ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan pembelajaran hari ini, yaitu tentang struktur surat pribadi dan menghias menggunakan barang bekas. § Guru memotivasi siswa untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya atau menghemat air dan listrik. | |
Asesmen Pembelajaran | Asesmen Awal 1. Kuis singkat atau pertanyaan lisan interaktif tentang surat pribadi. |
Asesmen Proses 1. Observasi aktivitas siswa dalam berdiskusi menentukan stukrtur surat pribadi. 2. Penilaian Individu Kinerja saat siswa menulis surat pribadi. Instrumen Penilaian § Lembar Pengamatan Sikap (terlampir) § Rubrik Kinerja (terlampir)
| |
Asesmen Akhir 1. Penilaian produk surat pribadi Instrumen Penilaian § Rubrik penilaian (terlampir) |
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 1 (jawaban)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Surat Pribadi
Kelas : VII
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami struktur surat pribadi dengan benar.
1. Tempat dan Tanggal Surat
Bandung, 1 April 2025
✅ Sudah dicantumkan di pojok kanan atas, sesuai aturan penulisan surat pribadi.
2. Alamat Tujuan
Kepada Yth.
Ayah dan Ibu tercinta
Di Rumah
✅ Menunjukkan kepada siapa surat ditujukan, dengan bahasa yang sopan dan penuh kasih sayang.
3. Salam Pembuka
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
✅ Menggunakan salam yang sopan dan sesuai norma budaya (bisa juga diganti dengan "Salam sayang" tergantung gaya anak).
4. Isi Surat
Bagian isi dibagi menjadi beberapa paragraf:
- Paragraf 1: Menanyakan kabar dan menyampaikan rasa rindu.
- Paragraf 2: Mengungkapkan perasaan rindu dan mengenang kebersamaan dengan orang tua.
- Paragraf 3: Menyatakan tekad dan perjuangan anak demi membanggakan orang tua.
- Paragraf 4: Menyampaikan harapan dan keinginan untuk segera bertemu.
✅ Isi surat sangat jelas, mengalir, penuh ekspresi perasaan seorang anak kepada orang tua.
5. Penutup
Sekian dulu surat dariku. Sampai jumpa dalam pelukan hangat kalian.
✅ Kalimat penutup yang manis dan menunjukkan harapan untuk bertemu.
6. Salam Penutup
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
✅ Salam penutup yang sopan dan konsisten dengan salam pembuka.
7. Nama Pengirim
Dengan penuh kasih sayang,
Rida
✅ Nama pengirim ada, dengan tambahan ungkapan kasih sayang ("dengan penuh cinta"), memperkuat suasana emosional surat.
Lembar Penilaian Surat Pribadi (LKPD) 2 INDIVIDU
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Surat Pribadi
Kelas : VII
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menulis surat pribadi sesuai dengan struktur surat pribadi dan tata bahasa yang baik dan benar.
Topik:
- Menjaga silaturahmi
- Menyampaikan rasa rindu, kabar, atau ucapan
- Memberi motivasi atau dukungan
- Membagikan cerita atau pengalaman pribadi
Nama Siswa : .......................................................
Kelas : .......................................................
Tanggal Penilaian : .......................................................
No | Aspek yang Dinilai | Skor Maksimal | Skor yang Dicapai | Catatan |
1 | Struktur Surat (Tempat/Tanggal, Alamat, Salam, Isi, Penutup, Nama) | 4 | ||
2 | Bahasa dan Gaya Penulisan (santun, ekspresif, sesuai tema) | 4 | ||
3 | Kreativitas dan Ekspresi (mengungkapkan perasaan, menarik dibaca) | 4 | ||
4 | Kerapihan dan Kebersihan (tulisan jelas, minim coretan) | 4 | ||
5 | Ketepatan Tata Bahasa (ejaan, tanda baca, kalimat efektif) | 4 | ||
Total Skor | 20 |
Keterangan Skor:
- 4 = Sangat Baik
- 3 = Baik
- 2 = Cukup
- 1 = Kurang
Lembar Refleksi Siswa INDIVIDU
1. Bagaimana perasaanmu setelah mempelajari materi ini ? (Lingkari salah satu jawabanmu)
Senang Ngantuk Marah
Bingung Sedih
2. Pemahaman apa yang kalian dapatkan setelah pembelajaran hari ini ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Adakah bagian yang paling sulit dari pelajaran ini ? (Jika YA, tuliskan bagian yang mana)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Sebutkan struktur surat pribadi ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Contoh Surat Pribadi
Surabaya, 28 April 2025
Kepada Yth.
Ibu Guru Rina
Di Sekolah
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Ibu Rina yang saya hormati,
Bagaimana kabar Ibu? Semoga Ibu selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Saya, Anisa, murid Ibu di kelas 7A, ingin menyampaikan rasa rindu saya kepada Ibu. Sudah beberapa hari ini Ibu tidak hadir di sekolah, dan suasana kelas terasa berbeda tanpa kehadiran Ibu.
Ibu, saya sangat berterima kasih atas semua ilmu dan nasihat yang selama ini Ibu berikan. Saya jadi semakin semangat belajar, terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kata-kata motivasi Ibu selalu saya ingat, terutama ketika saya mulai merasa lelah belajar.
Semoga Ibu segera sehat kembali dan bisa mengajar kami lagi di kelas. Kami semua merindukan senyum dan semangat yang selalu Ibu bawa saat mengajar. Doa kami selalu menyertai Ibu.
Sekian dulu surat dari saya, Bu. Sampai bertemu lagi di kelas.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Hormat saya,
Anisa
Lebih lengkapnya silahkan akses link berikut ini :
https://drive.google.com/file/d/1bV_JHTKAfkxmYuifxNASS0shsG4chNDz/view?usp=share_link
UMPAN BALIK AKSI NYATA
MERANCANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Oleh: Bebryana Ratri, S.Pd.
Nama :
1. Apa yang sudah baik dari rancangan pembelajaran ini?
Jawab:
2. Apa yang dapat diperbaiki?
Jawab:
1. Modul tersebut sudah baik
BalasHapus2. Belum terdapat pembagian jam/waktu
1. Modul pembelajaran yg dirancang oleh Ibu Bebry sudah memuat diferensiasi konten dan telah disesuaikan dengan kemampuan atau pengetahuan awal yg dimiliki siswa.
BalasHapus2. Menurut saya yg perlu diperbaiki atau ditambahkan dalam modul pembelajaran tersebut adalah adanya penilaian diri (self-assessment) atau penilaian teman (peer assessment), agar siswa belajar reflektif.
1. Rancangan pembelajaran sudah menggunakan pembelajaran berdifirensiasi yang memfasilitasi siswa sesuai dengan minat siswa dan berkolaborasi dengan program adiwiyata.
BalasHapus2. yg perlu diperbaiki dalam modul ini mungkin dapat ditambahkan sintaks project based learning (PjBL). karena dalam modul tersebut belum dirincikan sintaksnya.
1. Modul yang dibuat sudah disesuaikan dengan materi agar bisa memenuhi kebutuhan, minat, dan kemampuan beragam siswa. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa merasa lebih terlibat karena materi yang disajikan sesuai minat atau gaya belajar mereka.
BalasHapus2. yang pelu ditambahkan adalah belum adanya penyampaian materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
1. Modul sudah memuat pembelajaran berdiferensiasi dengan baik.
BalasHapus2. Akan lebih baik lagi jika disertakan tautan yang digunakan sebagai sumber belajar sesuai kebutuhan peserta didik.